Posted by : onebenx.blogspot.com Minggu, 05 Februari 2012


HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Languange yang umumnya merupakan bahasa yang digunakan untuk menampilkan website pada browser. Definisi HTML adalah suatu bahasa standar yang digunakan untuk membuat dokumen HTML. HTML terdiri dari kode-kode tertentu yang akan memerintahkan web browser untuk menampilkan informasi yang dapat berupa teks, gambar, video dan lainnya.

Untuk mengawali belajar HTML, banyak orang yang bingung bagaimana belajar HTML dari dasar. Cara belajar untuk membuat HTML sebenarnya cukup gampang, anda hanya memerlukan dua buah software (program), kedua program ini umumnya sudah ada pada setiap komputer. Dua program yang anda perlukan untuk belajar HTML adalah editor HTML dan web browser. Contoh editor HTML adalah Ms Frontpage, Macromedia Dreamweaver atau yang paling gampang Notepad. Untuk browser contohnya Internet Explorer atau Mozilla Firefox, salah satunya biasanya sudah tersedia di komputer anda.
Jadi cara untuk belajar HTML dari dasar kita tidak perlu menginstall software apa-apa lagi. Berikut ini langkah-langkah untuk belajar membuat HTML sebagai percobaan :
  1. Buka aplikasi Notepad
  2. Ketikkan kode HTML yang ada dibawah ini (sebaiknya jangan copy paste).
  3. 1<html>
    2<head>
    3<title>Judul Websitetitle>
    4head>
    5<body>
    6Saya tahu cara belajar membuat dokumen HTML dari dasar.
    7body>
    8html>
  4. Setelah selesai kemudian simpan dengan nama “latihan.html” (isikan tanda petik di awal dan akhir agar file yang tersimpan benar-benar file html, jika tidak file anda tetap berekstensi ‘txt’)
  5. Tutup Notepad, lalu buka file HTML yang anda buat tadi dengan mengklik dua kali (klik ganda) file tersebut.
  6. Secara otomatis file HTML yang anda buat akan dibuka dengan browser, misalnya Firefox atau Internet Explorer.
Sampai disini seharusnya anda sudah berhasil dan tahu cara membuat dokumen HTML yang sederhana. Selanjutnya anda bisa membuat dokumen HTML yang lain atau mengubah dokumen HTML yang tadi dengan cara membuka Notepad lalu buka file yang akan anda ubah. Selamat belajar membuat HTML, silahkan lihat tutorial HTML yang lainnya di website ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

CATEGORY

Blogroll

VSI

Onebenx. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © OneBenx's blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -