Posted by : onebenx.blogspot.com Rabu, 10 Juli 2013


Mungkin anda pernah kebingungan, apa sih bedanya kamera SLR dan kamera DSLR? Bagus mana, kamera SLR atau DSLR? Ini jawabannya, meskipun tidak seberapa dettail tapi setelah anda membaca artikel ini anda dapat mengetahui apa bedanya kamera SLR dengan DSLR ..

SLR : S
ingle-Lens Reflex. Kamera SLR menggunakan pentaprisma yang ditempatkan di atas jalur optikal melalui lensa ke lempengan film. Cahaya yang masuk kemudian dipantulkan ke atas oleh kaca cermin pantul dan mengenai pentaprisma. Pentaprisma kemudian memantulkan cahaya beberapa kali hingga mengenai jendela bidik. Saat tombol dilepaskan, kaca membuka jalan bagi cahaya sehingga cahaya dapat langsung mengenai film.

DSLR : Digital Single Lens Reflex. Menggunakan mechanical mirror system dan pentaprisma unuk mengarahkan cahaya dari lensa menuju optical viewfinder yang berada pada kamera).DSLR (Digital Single Lens Reflex) bekerja dengan sistem digital penuh sejak saat capture obyek foto oleh Image Sensor hingga penulisan pada memory card. Karena itu pada DSLR terdapat lebih banyak tombol dibanding SLR seperti pilihan ISO, White Balance, Preset Scenes, Resolusi dan lainnya, dan yang paling membedakan adalah tersedianya memory slot yang terkadang lebih dari 1.

Perbedaan DSLR berformat digital. media penyimpanan berupa piranti digital mil sd card, cd card, CF dll. SLR menggunakan film sbg media simpan.

Sedang kesamaan DSLR dan SLR adalah mekanisasi pengambilan obyek foto yang menggunakan satu lensa (single lens) yang sama untuk fungsi membidik (via viewfinder) dan menyampaikan hasil bidikan kepada Image Sensor (DSLR) atau pada Film (SLR). Progres tersebut dikerjakan secara reflexy (memakai kaca pantul yang terdapat didalam camera).

Kelebihan SLR :
- karena menggunakan film dia bsa menangkap cahaya dg sempurna dan menerjemahkan warna dg sangat baik, bahkan teknologi digital sekg paling maju skalipun blum bsa mengalahkan media film dlam hal penangkapan cahaya dan penerjemahan warna,
- lebih banyak variasi optical lahir dari SLR, ada beberapa rekayasa optical yg tdak bsa dilakukan di media digital,
- melatih intuisi dan perhitungan tepat dalam tiap pengambilan gambar berkaitan dg ASA/ ISO, kecepatan, kekuatan cahaya, warna dll,

Kelebihan DLSR :
- karena menggunakan media digital, jadi lebih mudah diolah di komputer,
- secara jangka panjang lebih murah biaya operasionalnya,
- lebih mudah digunakan karena mulai banyak fitur otomatis secara elektrik yang sangat membantu.

Kamera yg bagus :
- semua merk ada kelebihan&kekurangan masing2, pilihlah sesuai kebuthan.

Saran :
- pilih merk yg banyak tersedia di daerah anda, terutama dealer resmi&service center. Namun, untuk kamera yang banyak diminati adalah kamera CANON.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

CATEGORY

Blogroll

VSI

Onebenx. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © OneBenx's blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -