Posted by : onebenx.blogspot.com Senin, 11 Mei 2015


Light painting photography adalah sebuah seni fotografi dengan menggunakan teknik long exposure, kecepatan rendah dan bantuan cahaya tambahan untuk menciptakan sebuah bentuk atau warna tertentu. Secara sederhana saya mendefinisikan teknik ini adalah seni memotret pergerakan cahaya menggunakan kecepatan shutter rendah.

Berikut peralatan yang dibutuhkan
  • Aplikasi Camera FV-5, dapat download via playstore atau download Ike apk di sini.
  • Tripod untuk hp anda.
  • Sumber cahaya (Senter, lampu LED, dan sebagainya, Tips : jika lampu anda hanya berwarna putih, anda dapat lapisi cahaya lampu menggunakan plastik yang berwarna sesuai keinginan anda)
Sebelum melakukan pemotretan, rencanakan dulu konsep lukisan anda, ini penting untuk menentukan durasi dan teknik lukisan yang akan dilakukan. Untuk latihan, rencanakan konsep anda untuk melukis objek dengan bentuk tulisan yang bersambung. Kondisi Yang baik untuk membuat Light painting adalah kondisi yang gelap, jika anda ingin memotret outdoor, gunakan waktu malam, jika ingin memotret indoor, maka pastikan ruangan yang digunakan dalam kondisi gelap.
Saatnya kita mulai melakukan pemotretan, persiapkan peralatan yang dibutuhkan, pasang kamera pada tripod, fungsi tripod digunakan agar kamera tidak bergetar ketika memotret, karena memotret dengan low shutter akan membuat kamera sensitif terhadap goncangan, ini membuat hasil foto menjadi tidak maksimal.
Selanjutnya jalankan aplikasi Camera FV-5 pada android anda, setting shutter Speed dengan mengikuti gambar dibawah ini :

Pilih Custom untuk mengatur angka exposure Time.

Atur exposure Time (dalam satuan detik) sesuai dengan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk melukis, semakin besar exposure Time maka semakin lama kamera membuka shutter dan menangkap cahaya.


Matikan flash jika handphone anda dilengkapi dengan lampu flash kamera.
  

Atur ISO kamera dan gunakan ISO terendah yang dimiliki oleh Hp anda, saya menggunakan ISO 100 karena ini batas terendah yang dimiliki Handphone saya.  

Untuk menambah agar lingkungan menjadi lebih gelap dan cahaya yang masuk lebih optimal, turunkan exposure Compensation (EV). Saya memakai nilai -2, anda dapat menggunakan settingan sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan anda.

Sekarang saatnya memotret, tekan shutter kamera dan gerakan cahaya sesuai dengan konsep yang sudah anda rencanakan, usahakan menggerakkan cahaya secara lambat dan konsisten, tapi tidak terlalu lambat agar sesuai dengan waktu yang telah disetting di awal. Tingkat kesulitan dan seni keindahan teknik ini tergantung dari pelukis yang menggerakkan cahaya, karena saya kurang pandai dalam melukis, maka hasil objek tulisan saya pun jadi jelek. :D
Hasil fotografi akan menjadi seperti ini :

Lakukan flip menggunakan aplikasi editing agar tulisan tidak terbalik dan bisa terbaca. Dan hasilnya menjadi seperti ini : 

Perbanyak latihan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika anda ingin membuat panting agar ada objek yang terlihat, naikan settingan ISO dan exposure agar objek menjadi terlihat seperti contoh berikut :  


Dan berikut adalah hasil latihan light painting saya, tetapi tetap saja, hasilnya tidak memuskan karena saya tidak bisa melukis. Sepertinya saya perlu tallent yang bisa melukis dengan baik. :D 
     

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

CATEGORY

Blogroll

VSI

Onebenx. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © OneBenx's blog -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -